keanekaragaman bahasa Indonesia

Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipakai setiap orang baik tuk berbicara degan petinggi-petinggi negara maupun dengan rekan kita. Tanpa adanya bahasa warga tidak akan dapat berkembang. Oleh karena itu bahasa perlu dilestarikan dan di gunakan engan sebaik-baiknya.
Bahasa juga adalah merupakan alat yang mempunyai peranan penting bagi kehidupan di dalam lingkungan masyarakat. Bahasa berkembang sesuai dengan lingkungan yang dihadapinya sehingga perkembangan bahasa juga ikut serta di dalamnya. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi yang dipakai oleh bangsa Indonesia. Sesuai dengan yang tertulis di dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 36 Bab XV ayat 1, yang menyatakan bahwa, bahasa negara adalah bahasa Indonesia begitu juga dalam Bhineka tungga Ika.

Bahasa Indonesia menunjukkan keanekaragaman, terlihat dari keragaman-keragaman yang ada di dalam bangsa Indonesia yang terdiri atas beratus-ratus suku bangsa yang masing-masing memiliki adat istiadat dan budayanya tersendiri. Keanekaragaman bahasa Indonsia yang dimiliki Indonesia menyebabkan bahasa Indonesia menjadi bahasa yang kaya akan kosa kata.


Fakta-fakta bahasa Indonesia :
* Dubes RI untuk Kerajaan Norwegia Esti Andayani, menyampaikan bahwa bahasa Indonesia, sebagai salah satu komponen budaya Indonesia, memiliki arti penting dalam memperkokoh semangat kebangsaan rakyat Indonesia. Bahasa Indonesia juga berperan penting dalam mempersatukan masyarakat Indonesia yang memiliki keanekaragaman bahasa dari berbagai suku bangsa.
* Bahasa Indonesia juga bahasa yang mulai banyak di pelajari oleh bangsa-bangsa lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 


kuda besi.. © 2008. Design by: Pocket