Pesona Batman 8,5 Inci

2562hal3_mio_boyo1.jpgJaerdini alias Balok tidak berbekal tangan kosong. Jauh dari Tengerang menuju contezt modifikasi seri 2 Pertamax Plus BRT Indotire Matic Race & Party di Bandung punya modal kuat. “Andalanku modifikasi low rider gaya Batman dan pelek lebar,” jelas punggawa IJMS (Indra Jaya Motor Sport), Balaraja, Tangerang ini.

Katanya pasang pelek lebar comot dari kepunyaan mobil jip Eropa. “Mereknya aku lupa, ukurannya 8,5 x 15 inci,” cuap Agus Rianan, kakak dari Balok yang bengkelnya di depan SMEA PGRI 23, Jl. Raya Serang, Km 24,5, Balaraja, Tangerang.

Agar masuk dipasang di as roda Mio Soul tentu banyak ubahan. “Lubang pemasukan oli mesin terpaksa digeser ke kanan agar tidak mentok roda. Termasuk crankcase mesin bagian belakang. Dibubut agar tidak digesek roda,” jelas Agus yang aslinya mekanik grasstrack itu.2563hal3_mio_boyo2.jpg

Setelah roda dicoba bisa masuk di crankcase, tinggal membuatkan dudukan pelek di as roda. Caranya pelek palang aslinya dibubut. Diambil bagian tengahnya saja yang menyerupai teromol. Ini sengaja tidak menggunakan teromol jari-jari lantaran dirasa kurang kuat.

Setelah bagian tengah dari pelek palang diambil, tinggal dibuatkan adaptor agar bisa nyambung dengan pelek mobil. “Adaptor dibuat dari aluminium setebal 5 cm,” dijelas Agus yang kini malah tertarik ikut balap skubek itu.

Agar center, pertemuan antara adaptor dengan bagian tengah pelek yang telah dibubut itu dilas argon. Kemudian dibikn rapi pakai mesin bubut. Sementara untuk mengikat pelek, cukup dipasangkan baut di adaptor. “Jangan lupa, agar kunci roda bisa masuk, bagian tengah adaptor harus dilubangi,” wanti Agus.

2564hal3_mio_boyo3.jpgNamun setelah pasang roda lebar, antara roda depan dan belakang tidak center. “Terpaksa posisi CVT digeser ke kiri sekitar 15 cm. Sekalian dibuatkan undur-undur agar mesin molor ke belakang 20 cm,” jelas Agus yang juara 2 kelas low rider itu.

Dudukan sokbreker atas dan bawah juga harus pindah. Yang atas digeser ke kiri dan yang bawah di CVT juga ikutan ke kiri agar tidak mentok roda. Agar kuat dan panjang menggunakan sokbreker Honda Grand.

Dudukan sokbreker atas dan bawah juga harus pindah. Yang atas digeser ke kiri dan yang bawah di CVT juga ikutan ke kiri agar tidak mentok roda. Agar kuat dan panjang menggunakan sokbreker Honda Grand.

Konsekuansi pemasangan roda depan lebar harus melebarkan segitiga. Caraya dibikin ulang dari pelat besi tebal 2,5 cm. Dibikin 2, dipasang atas-bawah.

0 komentar:

Posting Komentar

 


kuda besi.. © 2008. Design by: Pocket