Skubek Ayam Jago

Bosan dengan tema modifikasi skubek yang itu-itu aja membuat Budi Widanarko dari Venus Customized, Sidoarjo melahirkan ide baru. “Konsepnya racing look, tapi bukan kayak drag look yang lagi ramai di Surabaya. Ini murni beda dan baru,” kata Budi.

"Drag look kan bannya kecil-kecil, kalau ini ukurannya sih normal, malah permukaanya slick. Jadi persis kayak motor balap," lanjut pria ramah ini. Meskipun hanya sebatas fashion tapi memang banyak sekali atribut atau identitas2599mio-candra--2.jpg balap yang dilekatkan. Memang di seputaran Jawa Timur saat ini ramai dengan tampilan drag dan lowrider. Budi tipikal orang yang enggak mau ikut arus.

Paling kentara dari suspensi depan yang tampil layaknya ayam jago. Bisa jadi inilah skubek ayam jago pertama yang pernah dibuat di sana. "Untuk soknya itu custom sendiri lho, mengandalkan variasi Mio yang banyak di pasaran," kata ayah 1 anak ini lagi. Ubahan yang dilakukan membuat upside down ini menjadi lebih panjang dan besar.

2600mio-candra--3.jpg"Bagian bawahnya masih pakai punya Mio sedangkan atas dibungkus semacam kondom dengan pipa 2 inci. Untuk finishingnya dilapis krom," ceritanya lagi. Alhasil tabung sok terlihat besar dengan ukuran panjang yang bertambah sekitar 10 cm. Tampak depan ini lebih sip lagi dengan aplikasi head lamp Suzuki Satria F-150 yang memang ayam jago sejati.2601mio-candra--4.jpg

Masih dalam pengejaran layaknya motor balap tadi, maka di bagian tengah persisnya di atas dek dibuatkan semacam stabilizer rangka. "Jika di balap benaran ini berfungsi, maka kalau di sini hanya sebatas untuk tampilan. Enggak berfungsi layaknya balap," lanjutnya dengan logat Suroboyo kental.

2602mio-candra--5.jpgBagian belakang juga dilakukan sejumlah rombakan dan pemilihan variasi sesuai. Selain ubahan monosok pakai punya MX, bagian jok juga dicustom supaya bisa menyembunyikan aki. “Sekilas pasti bikin penasaran orang karena aki enggak kelihatan. Malah dikira sudah enggak ada. Padahal saya sembunyikan di dalam busa," kekeh Budi.

Umunya, motor balap itu jarang tampil kalem. "Biar makin menakutkan lawan, maka untuk cover CVT pilih model yang berlubang. "Lubang kita tambahin lagi biar makin heboh. Memang untuk dipakai jalan harian agak risiko. Kan harus bebas debu, oli dan air," ungkap pria bertubuh sedang ini lagi.

Dengan konsep serba baru ini, Budi sudah enggak sabar ikutan contezt. Sayang sampai saat ini belum ada informasi kapan ada event di wilayahnya. "Padahal awalnya pengin menggebrak di ajang contezt modif. Tapi karena belum ada juga sampai sekarang, akhirnya tampil hebohnya di Em-Plus aja," tambah pria yang langganan ikutan contezt persembahan MOTOR Plus sejak 2003 lalu.
2603mio-candra--6.jpg
SERBABERSIH

Konsep motor balap yang serba clean atau bersih juga diterapkan Budi. Maka, nggak heran kalau banyak bagian yang dikrom sehingga berkesan kinclong. Begitu juga alasan saat membuka sejumlah cover bodi sehingga mesin, karbu dan bagian sekitarnya jelas terlihat. "Semuanya bersih," bangga Budi.
 


kuda besi.. © 2008. Design by: Pocket